Monday 9 December 2013

MEDIA TRANSMISI



Menurut Stallings, ada banyak media  yang digunakan untuk  membuat sebuah jaringan komputer, pada dasarnya dibagi menjadi dua macam yaitu kabel dan nirkabel. Terdapat beberapa macam teknologi pada masing-masing media ini. (Stallings,2004)
Media kabel merupakan media transmisi yang menyediakan saluran satu perangkat ke perangkat lainnya. Macam-macam teknologi media kabel, antara lain:

·            Twisted Pair
Kabel ini terdiri atas empat pasang kabel, yang tiap pasangnya dipilin. Merupakan media yang paling banyak digunakan dikarenakan harganya yang rendah. Dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1.      Shielded Twisted Pair
Setiap kawat dibungkus pelindung metalik. Kemudian empat pasang kawat itu dibungkus lagi oleh pelindung metalik keseluruhan. STP mengurangi  noise elektrikal dalam kabel maupun luar  kabel. Harganya lebih mahal dan pemasangan agak lebih sulit dikarenakan adanya pelindung metalik tersebut.
2.      Unshielded Twisted Pair
Hanya dilindungi oleh satu buah pelindung insolator. Untuk mengurangi crosstalk, jumlah pilinannya bervariasi. UTP lebih murah dibandingkan dengan media lainnya, lebih mudah dipasang, dan juga memiliki diameter eksternal yang kecil. Kekurangannya adalah lebih mudah terkena noise elektrikal. 
·            Coaxial Cable
Hampir sama dengan twisted pair, terdiri atas 2 konduktor, tapi dibuat berbeda untuk memungkinkannya untuk beroperasi pada frekuensi yang lebih luas jangkauannya. Kabel coaxial ini dapat digunakan untuk jarak yang lebih jauh dan mendukung lebih banyak stasiun pada jalur shared dibandingkan dengan twisted pair.  
·            Optical Fiber
Merupakan media yang tipis, fleksibel yang mampu untuk menghantarkan sinar optikal. Kabel optical fiber berbentuk silinder dan terdiri atas tiga bagian konsentrik, yakni inti, pelindung, dan jaket. Kelebihan optical fiber dibandingkan dengan twisted pair dan kabel coaxial antara lain mempunyai kapasitas yang lebih besar, berukuran lebih kecil dan lebih ringan, attenuation yang lebih rendah, isolasi elektromagnetik, dan jarak repeater yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment